Tips Cara Menghitung Usia Kehamilan Sudah Sampai Mana

Hamil menjadi momen yang mengharukan dan juga menyenangkan bagi pasangan suami dan istri karena sebentar lagi akan memiliki sang buah hati. Disamping itu, penting bagi para pasangan suami istri untuk mengetahui usia hamil/ kehamilan supaya bisa mempersiapakan segalanya lebih baik lagi. Dengan tahu usia kehamilan, maka akan sangat penting supaya dapat memperkirakan waktu lahirnya sang buah hati. Bagi Anda semua yang ingin tahu lebih tentang tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar, Anda dapat langsung saja menyimak info cara menghitung usia kehamilan di bawah ini. Pastinya kita semua lebih baik mengetahui cara tepat untuk mengetahui usia masa kehamilan ini. Hal tersebut dikarenakan supaya kita bisa dimudahkan jika ingin bisa tahu sudah sampai mana usia hamil.

Salah satu tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar yaitu dengan berrdasarkan USG. Ada beberapa cara untuk tahu sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil seperti melakukan perhitungan sesuai dengan HPHT, tetapi sering ada keadaan pada saat metode untuk tahu sudah sampai mana usia kehamilan ibu hamil tersebut dianggap tak memberi hasil yang cukup akurat misal seperti jika haid si ibu tidak teratur. Sebagai solusi yang lebih aman dan tepat, Anda bisa mengunjungi dokter dalam menentukan usianya kandungan sehingga bisa tahu sudah sampai mana usia kehamilan si ibu hamil.

Dokter kandungan nantinya akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik dan juga USG trans vaginal untuk dapat menentukan usia hamil dengan semakin akurat. Dengan begitu, maka Anda dapat mengetahui sudah sampai mananya usia kehamilan Anda. Hasil USG pada saat ingin menghitung usia hamil ini lebih akurat kalau dilakukan pada masa-masa kehamilan awal. Hal tersebut dikarenakan pada beberapa minggu yang pertama, maka janin cenderung akan berkembang dengan tingkat kecepatan sama.

Tetapi memang seiring dengan bertambahnya usia hamil, maka tingkat pertumbuhan janinnya bisa saja berbeda-beda. Pertumbuhan dapat cepat pada bulan tertentu, tetapi bisa juga melambat pada bulan berikutnya. Maka dari itu, pemeriksaan seperti USG yang diterapkan pada trimester akhir massa kehamilan tak ditujukan untuk bisa menentukan usianya janin, melainkan supaya bisa memantau apakah janinnya tumbuh dengan normal/ baik.

Memang menghitung usia hamil penting untuk bisa memperkirakan waktu kelahirannya bayi. Cara paling umum yang digunakan yaitu perhitungan HPHT serta pemeriksaan USG juga. Namun, hasil dari kedua metode untuk tahu sudah sampai mana usia kehamilan si ibu hamil ini dapat menjadi tidak sama. Hal tersebut dikarenakan masing-masing mempunyai kondisi berbeda untuk bisa mendapatkan hasil yang akurat. Tetapi Anda jangan khawatir, biasanya dokter kandungan terus memantau masa kehamilan Anda serta memberi tahu jika si buah hati sudah sebentar lagi akan lahir.

Maka dari itu, pemeriksaan kehamilan harus secara rutin supaya bisa tahu sudah sampai mana usia kehamilan si ibu hamil dan tahu kapannya si anak akan mau lahir. Sekian saja ulasan cara tepat untuk mengetahui usia masa kehamilan kali ini yang lebih baik diketahuii oleh Anda semua khususnya untuk mereka yang ingin bisa tahu sudah sampai mana usia hamil. Dengan bahasan di atas, maka Anda bisa semakin mengerti tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar. Sampai sekarang masih ada beberapa orang yang tidak tahu jelas apa saja cara tepat untuk mengetahui usia masa kehamilan. Dengan artikel sederhana kali ini, semoga Anda dapat lebih paham mengenai tips mudah hitung usia masa hamil dengan benar. Selamat mencoba cara tepat untuk mengetahui usia masa kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *