Menilik Beberapa Gangguan Kesehatan yang Sering Menyerang Ibu Hamil

Saat kehamilan, kesehatan itu merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan dengan baik. Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan sering sekali membuat wanita hamil mengalami kesehatan yang berkurang atau lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Jika hal tersebut tidak diperhatikan dengan baik tentu kesehatan calon bayi dan ibunya juga akan terganggu. Alhasil berimbas pada perkembangan selama kehamilan, makanya perlu selalu menjaga kesehatan dengan baik. Bukan hanya mengatur pola makan yang sehat dan olahraga saja tetapi jika diperlukan perlu suplemen khusus untuk menjaga sampai dengan melahirkan.

Dari sekian banyak jenis penyakit yang sering menyerang para ibu hamil, ternyata hampir setengah dari jumlah perempuan hamil akan mengalami sembelit. Hal itu kabarnya akibat peningkatan kadar hormon progesterone yang terjadi selama kehamilan. Tetapi bisa pula sembelit terjadi karena kekurangan makan makanan berserat. Makanya selalu perhatikan untuk mengkonsumsi sayuran atau buah, jika diperlukan siapkan probiotik untuk kesehatan saluran cerna khusus yang dinilai aman untuk dikonsumsi.

Sebenarnya ada banyak sekali masalah kesehatan yang mudah menyerang ibu hamil, makanya sebelum kejadian lebih baik hindari dengan melakukan beberapa hal bermanfaat seperti berikut:

  1. Rubah pola makan biasa menjadi lebih sehat, teratur dan tentunya bernilai gizi cukup untuk bayi dan ibu.
  2. Lakukan olahraga teratur untuk membuat kondisi tetap fit, segar dan tidak mudah lemas selama kehamilan.
  3. Pastikan mempunyai pola istirahat yang cukup, dimana mulai dari tidur siang dan tidur malam sesuai.
  4. Mengkonsumsi suplemen pendukung kesehatan dan pencegah penyakit datang.

Pemeriksaan dari awal selama kehamilan menjadi salah satu hal yang sangat penting sekali, selain untuk mengecek kesehatan kandungan orang tua juga akan banyak belajar. Misalnya saja mengenai pengetahuan pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemiaJadi lebih bijak harus makan makanan seperti apa yang diperbanyak dan makanan seperti apa yang harus dikurangi. Karena dokter akan lebih paham dan memberikan saran sesuai dengan hasil pemeriksaan secara nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *