Punya Stok Cuti Melimpah? Yuk, Nikmati Liburan Panjangmu di Ambon

Kota Ambon (sumber: Tribunnews.com)

Bagi para pekerja kantoran di Indonesia, jatah cuti tahunan yang didapatkan memang cukup pendek. Dibanding dengan pekerja di Inggris yang mendapatkan jatah cuti selama 28 hari, para pekerja di Indonesia mendapat jatah maksimal 12 hari.

Namun, tak perlu kecewa karena Anda bisa mengatur jadwal cuti tahunan dan merencanakan liburan panjang. Salah satu daerah yang harus masuk rencana liburanmu adalah Ambon. Tak hanya memiliki deretan pantai menawan, Ambon juga menawarkan pesona budaya serta deretan kuliner yang menggoyang lidah.

Nah supaya perjalanan liburan kali ini terealisasi, jangan lupa untuk menyiapkan tiketnya jauh-jauh hari. Tidak usah repot, sekarang banyak tiket pesawat yang bisa dijangkau secara online, seperti misalnya di Airy.

 

Lepaskan Penat di Pantai

Rutin bekerja setiap hari, membuat pikiran serta badan Anda lelah. Karena itu, merupakan hal yang wajib ketika berlibur ke Ambon yakni pergi ke pantai. Salah satu pantai yang sudah tersohor di telingga para wisatawan yakni pantai Natsepa.

Tak hanya menghabiskan waktu dengan berenang, di sini Anda juga bisa menikmati pengalaman naik perahu menyusuri pantai. Bila menyukai hal yang lebih menantang, Anda bisa memacu adrenalin dengan naik banana boat atau donat boat. Kudapan ringan seperti rujak buah, kelapa muda, singkong dan pisang goreng juga dapat Anda nikmati.

Selain pantai Natsepa, Anda juga bisa mengunjungi deretan pantai di kecamatan Nusaniwe seperti Pantai Pintu Kota dan Namalatu. Struktur pantai di daerah ini umumnya berkarang namun Anda tetap bisa berenang dengan aman.

 

Wisata Budaya dan Sejarah

Agar mendapatkan pengalaman tak terlupakan saat liburan, Anda bisa datang saat sedang berlangsung event tahunan di kota Ambon. Misalnya festival ‘Tangkap Laor’ yang biasanya berlangsung pada bulan April atau ulang tahun kota Ambon di bulan Agustus.

Namun, bila tak sempat, Anda tetap bisa mengunjugi tempat-tempat bersejarah di Ambon. Landmark yang wajib dikunjungi adalah Patung Pattimura yang berlokasi di Lapangan Merdeka serta Patung Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang. Keduanya merupakan pahlawan nasional dari Maluku yang dibunuh penjajah Belanda saat membela rakyat.

Objek wisata sejarah lain yaitu Tugu Dolan di kawasan Kudamati, Tugu Trikora di Urimesing, serta Gong Perdamaian Dunia. Jangan lewatkan kunjungan ke Museum Siwalima di Batu Capeu, yang memiliki beragam koleksi artefak arkeologi, etnografi, serta seni dan budaya di Maluku.

 

Pantang Pulang sebelum Mencicipi Kuliner Khas

Ambon menyediakan beragam sajian kuliner lokal yang menggugah selera. Sebagai daerah penghasil produk laut, disini Anda dapat menemukan beragam olahan ikan segar nan lezat.

Selain ikan bakar dan colo-colo, jangan lupa mencoba ikan kuah kuning dan ikan paleo. Keduanya nikmat dimakan bersama dengan nasi, ketupat santan atau makanan khas orang Maluku, Papeda.

Sebagai kudapan di pagi atau sore hari, Anda bisa menikmati kue-kue tradisional khas untuk mengisi perut. Misalnya, Bluder Sageru, Ampas Tarigu, Babengka, Koyabu, dan Nasi Pulut Unti. Selain banyak dijual di Swalayan, Anda juga bisa membelinya dari penjaja kue di tepi jalan.

Untuk makan malam, cobalah sepiring ‘Nasi Kuning Bagadang’ yang mulai dijajakan mulai pukul 19.00 WIB hingga tengah malam. Nasi kuning yang gurih dapat Anda nikmati dengan beragam pilihan lauk lezat seperti ikan saus, telur rebus hingga dendeng rusa.

 

Demikianlah cara menghabiskan libur panjangmu di Ambon. Atur rencana liburan Anda dengan matang dan segera pesan tiket di Airy. Empat pilihan maskapai seperti Batik Air, City Link, Lion Air, dan Garuda bisa menjadi pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *