Tips Menghadapi Persalinan

Tuesday, May 31st 2016. | Tips dan Informasi
hamil.PNG
Kehamilan dan mempunyai anak adalah harapan setiap wanita. Sangat penting untuk menjaga dari bulan pertama hingga bulan ke sembilan kehamilan tersebut. Ketika memasuki usia kehamilan sembilan bulan berat badan ibu hamil akan semakin bertambah. Semakin beratnya kandungan itulah yang menyebabkan ibu hamil  sering merasakan kelelahan. Saat itu pula ibu hamil sering merasakan perasaan cemas dan takut karena memikirkan persalinan yang semakin dekat. Saat  usia kehamilan sembilan bulan rahim akan turun ke bawah difragma yang mengakibatkan terasa mual, sering buang air kecil, dan juga meresa nafas menjadi lebih pendek. Namun anda tidak perlu khawatir akan hal itu bayi anda tidak  ke habisan oksigen di dalam, karena bayi yang berusia 9 bulan sudah dapat mengambil nafas sendiri. Bagi anda para ibu hamil yang memasuki bulan terahir kehamilan akan mengalami munculnya stretchmark terutama di bagian perut. Tetapi hal itu bukanlah hal yang perlu di hawatir kan.
Yang paling penting bagi ibu hamil adalah mempersiapkan persalinan yang nantinya akan dilakukan. Proses persalinan dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu secara normal, caesar dan sebagainya. Yang harus di persiapkan adalah kesehatan, mental dan emosional sang ibu. Ibu hamil sering kali merasakan kecemasan dan raa takut yang berlebihan. Hal tersebut banyak dialami oleh ibu hamil apa lagi untuk  kehamilan pertama kali. Proses persalinan yang dibekali oleh informasi dan persiapan yang matang akan membantu ibu hamil dalam mengontrol emosionalnya. Terkadang ibu hamil juga merasakan takut yang berlebihan sehingga menyebabkan sering pusing dan mengganggu kehamilan .
Selain kondisi fisik hal yang perlu di perhatikan adalah mempersiapkan persiapan bayi untuk menyambut kelahiran. Maka dari itu sangatlah penting mempersiapkan persalinan jauh hari dari waktu yang telah diperkirakan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara cara mempersiapkan proses persalinan agar berjalan dengan lancar pastikan anda menyimak ulasan berikut ini.
Persiapan menuju proses persalinan
Hal ini memang sangat penting dilakukan dan dipersiapkan sebelumnya. Persiapan menjelang persalinan berupa kondisi secara fisik, mental dan emosional. Kesehatan yang baik pada ibu dan janin dan kondisi psikologi yang terkontrol akan mendukung proses persalinan berjalan dengan baik. Seharusnya bukan hanya saat menjelang proses persalinan saja, persiapan sebaiknya dilakukan dari mulai awal kehamilan. Sehingga ibu hamil atau pun keluarga jika nantinya terjadi hal-hal yang tak terduga misalnya bayi lahir lebih cepat dari waktu yang sudah diperkirakan. Bagi ibu hamil yang sudah merencanakan bahwa akan melakukan persalinan secra normal, maka juga harus mempersiapkan informasi-informasi yang berhubungan dengan itu, prosesnya, bagaimana yang dilakukan dan sebagainya. Anda bisa konsultasikan itu ke dokter yang biasa menangani anda karena akan lebih memahami. Jika ketika hamil anda sering merasakan gangguan dalam hal kesehatan, anda harus mendapat perhatian dan perawatan yang ekstra namun tanyakan juga kepada dokter apakah aman atau tidak jika melahirkan secara normal? Jika tidak langkah yang diambil biasanya adalah persalinan secara caesar.
Selain kondisi kesehatan fisik, yang perlu diperhatikan adalah kondisi mental dan emosional ibu hamil. Biasanya ibu hamil akan merasakan cemas, mudah marah dan moody jika usia kandungan memasuki bulan ke sembilan, hal itu juga yang menandakan bahwa Tanda persalinan sudah dekat. Ada banyak latihan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk merileksasikan diri dan mengurangi rasa khawatir yang berlebihan. Anda bisa melakukan olahraga yoga salah satunya yang khusus untuk kehamilan.Yang terakhir yang perlu dipersiapkan menjelang persalinan adalah dukungan dan support dari keluarga. Support dan dukungan keluarga yang menjadi motivasi terbesar anda. Hal itu akan membuat anda lebih merasa tenang dan tidak cemas.
Perlengkapan persalinan
Jika diatas kita membahas persiapan berupa kesehatan, mental dan emosional maka disini akan membahas mengenani barang-barang pelengkapan persalinan. Persiapan ini seharusnya sudah dilakukan ketika kehamilan mencapai usia 7 bulan ke atas. Perlengkapan yang harus dipersiapakan adalah perlengkapan bayi berupa baju dan lain-lain dan perlengkapan persalinan berupa tas perlengkapan melahirkan yang lengkap. Sebaiknya anda mempersiapkannya jauh-jauh hari dari waktu yang diperkirakan, karena jika tiba-iba anda mengalami kontraksi atau pecah ketuban anda langsung bisa dibawa ke Rumah sakit terdekat dan tak perlu lagi mempersiapkan perlengkapan melahirkan karena sudah anda siapkan sebelumnya. Nah, perlengkapan apa saja sih yang harus dibawa ketika persalinan?
Membawa pakaian yang nyaman
Yang dimaksud pakaian disini adalah pakaiam ibu hamil dan pakaian bayi ketika nanti telah lahir. Untuk sang ibu, anda memerlukan pakaian yang cukup banyak karena jika melahirkan secara normal akan memakan waktu yang lama seperti menunggu proses pembukaan dan sebagainya dan juga ketika proses persalinan pasti akan banyak darah yang dikeluarkan, maka dari itu bawalah baju yang nyaman lebih dari tiga baju.Pilihlah baju yang bahannya dapat menyerap keringat dan tidak panas. Juga diutamakan membawa baju yang busui atau kancing depan untuk memudahkan ibu dalam menyusui anaknya. Untuk bayi, anda harus membawa beberapa baju yang nantinya akan digunakan ketika bayi telah lahir.
Bantal menyusui
Pastikan anda membawa bantal yang digunakan untuk memudahkan anda dalam menyusui kepada bayi anda. Sehingga anda dan bayi akan merasakan nyaman.
Perlengkapan kebersihan
Anda harus membawa perlengkapan kebesihan seperti sabun, shampo dan lain-lain agar anda tak kerepotan ketika diperlukan.
Perlengkapan bayi
Anda dapat mempersiapkan pelengkapan bayi ke dalam satu tas khusus. Usahakan jangan dicampur-campur dengan yanga lain karena itu untuk memudahkan anda dalam mencari. Barang yang perlu anda bawa adalah popok bayi, baju bayi, selimut bayi, sarung tangan dan kaki bayi, topi bayi dan perlengkapan lainnya. Perlengkapan-perlengkapan tersebut tidah harus banyak, masing-masing 3 pc saja itu sudah cukup. Untuk bedak, minyak kayu putih dan lainnya anda juga harus memeprsiapkannya. Memang ada beberapa rumah sakit yang menyediakannya namun ada pula yang tidak. Jadi hal itu perlu dan sudah siap untuk berjaga-jaga saja.
Dokumen-dokumen
Nah yang paling penting adalah persiapkan dokumen-dokumen penting yang nantinya akan digunakan untuk dokumen administrasi persalinan anda. Meskipun anda sudah mendaftar diri di Rumah sakit, beberapa rumah sakit memebutuhkan dokumen-dokumen sebagai konfirmasi ulang sehingga proses persalinan akan segera disiapkan. Dokumen penting tersebut juga bisa digunakan sebagai syarat membuat kartu asuransi atau administrasi seperti membuat akta kelahiran dan lain-lain. Anda bisa memberitahukan ini kepada suami anda agar nantinya tidak bingun dan kerepotan ketika ditanyakan mengenai dokumen-dokumen penting tersebut.
Itulah sederet hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika dirasa proses persalinan sudah dekat. Persiapkan perlengkapan tersebut jauh-jauh hari sehingga jika persalinan terjadi sebelum waktu yang diperkirakan, anda sudah siap dan tidak kerepotan. Persiapan baik kesehatan fisik, psikis dan perlengkapan penunjang lainnya yang dilakukan dengan baik akan mempengaruhi jiwa dan ketenangan ibu hamil itu sendiri. Jika semua sudah siap, ibu hamil hanya tingga mempersiapkan dirinya saja menghadapi persalinan. Semoga bermanfaat.
tags: ,