Tips Mengatasi Bau Mulut

Thursday, August 11th 2016. | Lifestyle, Tips dan Informasi

bau

Kesehatan mulut tidak hanya memiliki gigi yang sehat saja melainkan bebas dari seluruh penyakit mulut  tidak terkecuali bau mulut (halitosis) yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Sampai saat ini,halitosis merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang banyak di keluhkan masyarakat setelah karies dan penyakit periodontal. Sebenarnya masalah bau mulut sudah sudah ada sejak dulu, namun saat ini pencegahan halitosis menjadi kegiatan yang popular di dunia kedokteran gigi,dimasukkan ke dalam program kegiatan meningkatkan kesehatan mulut. Umumnya bau mulut berkaitan dengan pembersihan gigi dan mulut yang kurang baik,namun dalam beberapa kasus,bau mulu bisa menjadi tanda adanya masalah lain seperti infeksi saluran pernafasan, sinusitis kronik,bronchitis kronik,diabetes atau gangguan pencernaan.

Masalah utama yang sangat disayangkan pada orang yang memiliki bau mulut, secara umum mereka tidak merasa bahwa ia mengeluarkan bau yang datang dari mulut dan nafasnya. Hal ini mungkin karena mereka sudah terbiasa dengan bau mulut yang ia miliki. Salah satu cara untuk mengetahui apakah mulut kita berbau tau tidak, kita bisa minta pendapat orang terdekat kita dengan menanyakan hal ini. Terkadang orang yang menjadi lawan bicara kita tidak akan mengungkapkan hal ini meski mereka merasa kurang nyaman. Hal ini karena kebanyaka orang merasa sungkan untuk mengungkapkan kekurangan orang lain karena faktor ketersinggungan.

Bau mulut bisa disebabkan anara lain karena kurang bisa menjaga kebersihan mulut, sering makan makanan pemicu bau mulut seperti jengkol atau petai. Makan tersebut memang enak rasanya, namun tentu saja menimbulkan bau mulut tidak sedap. Kebiasaan merokok juga bisa membuat nafas orang yang merokok menjadi tidak sedap. Munculnya sariawan juga bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Adanya gangguan pada gigi seperti gigi berlubang. Bakteri pada gigi yang berlubang juga menimbulkan bau mulut tidak sedap. Terlebih pada saat sakit gigi, kita malas sekali sikat gigi dan memasukkan makanan sehat lewat mulut dikarenakan menahan rasa sakit pada gigi. Adapun beberapa  cara mengatasi bau mulut yang bisa Anda lakukan yaitu dengan:

  1. Menjaga mulut anda tetap lembab. Mulut yang kering adalah sumber dari bau mulut. Air liur membantu agar mulut anda tetap lembab dan berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Itu sebabnya napas lebih bau di pagi hari karena mulut menghasilkan sedikit air liur saat tidur. Bagaimana menjaga mulut tetap lembab? Anda bisa melakukan hal berikut yakni dengan:
  • Permen karet. Selain menutupi bau dengan beberapa jenis aroma yang segar, permen karet juga merangsang produksi air liur. Tapi hindari permen rasa mints, karena mints tidak mendorong produksi air liur. Pilihlah permen karet yang berkualitas. Permen karet yang asal-asalan malah menyebabkan gigi anda sakit.
  • Minum air. Minumlah banyak air putih dan gunakan air dengan berkumur diantara sela-sela gigi anda. Air tidak selalu meningkatkan produksi air liur, tapi itu akan membersihkan mulut dan itu baik untuk membuat mulut anda tetap lembab.
  • Mulut kering dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan kondisi medis. Konsultasikan kepada dokter tentang obat yang anda konsumsi dan ceritakan tentang efek samping mulut anda yang kering.
  1. Seringlah berkumur untuk membersihkan sisa-sisa makan pada mulut anda. Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang higienis dan berkualitas yang dapat anda beli di pasaran.
  2. Menjaga kebersihan mulut dan juga gigi dengan cara gosok gigi secara teratur. Gosok gigi secara teratur bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut anda. Cobalah untuk gosok gigi sehabis makan secara teratur.
  3. Menghentikan kebiasaan merokok. Selain buruk bagi kesehatan, menghentikan kebiasaan merokok juga mengurangi bau mulut yang tidak sedap.
  4. Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau mulut. Untuk sementara hindari makanan antara lain : jengkol dan petai.
  5. Banyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah terutama yang mengandung vitamin c seperti jeruk, apel, pisang dll membantu memerangi bakteri di mulut. Selain buah-buahan, sayuran seperti wortel dan seledri juga bermanfaat menghilangkan bau mulut.

Itulah beberapa cara mengatasi bau mulut yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat.

tags: , ,