Penderita Darah Tinggi, hindari beberapa makanan berikut ini

Wednesday, June 8th 2016. | Lifestyle

Darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah hipertensi merupakan suatu kondisi medis di mana tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Hipertensi sering kali disebut sebagai pembunuh gelap, karena termasuk penyakit yang mematikan tanpa disertai dengan gejala-gejalanya lebih dahulu sebagai peringatan bagi korbannya.

pantangan darah tinggi

Tekanan darah tinggi biasanya berkembang selama bertahun-tahun, dan itu mempengaruhi hampir semua orang pada akhirnya. Untungnya, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah dideteksi. Dan setelah mengetahui memiliki tekanan darah tinggi, maka dapat dilakukan pengobatan untuk mengontrolnya. Karena, tekanan darah tinggi yang dibiarkan tinggi terus alias tidak terkontrol, akan meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Mempunyai penyakit darah tinggi membuat kita harus mengetahui beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita darah tinggi yang harus dihindari. Jika tidak ingin mengalami darah tinggi, kita bisa mencegahnya dengan cara menjaga diri kita dengan baik dan benar dimulai dari menjaga pola makan. Berikut beberapa pantangan yang harus dihindari oleh para penderita darah tinggi antara lain:

  1. Jangan konsumsi makanan asin
    Ini merupakan pantangan darah tinggi yang utama. Kandungan garam yang banyak di dalam darah penderita darah tinggi akan menyebabkan kenaikkan tekanan darah yang disebabkan oleh sifat garam yang dapat menarik air. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan garam sama sekali. Institusi terkenal Amerika yang meneliti banyak mengenai penyakit darah tinggi mengatakan bahwa asupan garam dapur maksimal yang dapat dikonsumsi oleh penderita darah tinggi adalah 6 gram atau setara dengan satu sendok teh. Bila dapat lebih sedikit, efeknya lebih bagus.
  2. Jangan konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh
    Banyak sekali makanan enak yang mengandung lemak jenuh. Namun secara prinsip, semua makanan yang digoreng menggunakan minyak kelapa atau minyak sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh. Lemak dari sapi pun mengandung banyak lemak jenuh. Termasuk juga susu full cream, keju, kuning telur, donat, dan kulit ayam. Jangan lupakan mentega pada popcorn atau roti Anda yang juga mengandung lemak tidak baik ini.
    Makanan dengan lemak jenuh dapat menaikkan tekanan darah dengan cara meningkatkan kadar kolesterol yang akan mempersempit lubang pembuluh darah Anda. Menurunkan kadar kolesterol dan berat badan merupakan salah satu program terapi darah tinggi. Jadi, pantangan darah tinggi yang satu ini tidak bisa Anda maklumi begitu saja.
  3. Hindari minum kopi
    Anda penyuka minuman kopi? Ini tidak cocok bagi penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi. Hindari minuman kopi atau segala jenis makanan yang mengandung kafein jika Anda terkena serangan darah tinggi. Kafein bisa terdapat pada produk makanan seperti cokelat dan lainnya. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah sehingga penyakit tekanan darah tinggi semakin parah.
  4. Makanan cepat saji dan makanan kaleng
    Semua jenis makanan olahan atau makanan cepat saji sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. biasanya semua jenis makanan kemasan dan makanan cepat saji banyak mengandung garam dan berbagai bahan perasan tambahan lain. Hal ini juga bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Pengawet yang dipakai untuk megawetkan makanan kaleng terbuat dari substansi yang membentuk garam. Alasan inilah yang membuat makanan kaleng menjadi pantangan darah tinggi. Mungkin rasa makanan kaleng tidak begitu asin, namun hati-hati karena kadar garam yang dikandungnya tetap tinggi.
  5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula
    Umumnya jenis makanan manis dihindari oleh mereka yang terkena diabetes atau penyakit gula. Tapi Anda yang terkena penyakit tekanan darah tinggi juga harus mengurangi asupan makanan atau minuman yang manis. Permen, kue basah, cokelat dan minuma manis lain tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebab makanan yang dilarang penyakit darah tinggi ini bisa memicu komplikasi penyakit lain.

Demikian beberapa pantangan yang dapat kita hindari, semoga dengan kita bisa menjaga dan menghindarinya dapat menjaga kesehatan dan tekanan darah tinggi yang dialami.

tags: ,