Memilih Bedak Bayi

Tuesday, August 9th 2016. | Lifestyle

bedak

Memiliki bayi merupakan hal yang didambakan bagi pasangan suami istri bahkan sebagian orang beranggapan belum lengkap  kesempurnaan pernikahan jika belum memiliki keturunan. Saat bayi  dalam kandungan apalagi anak pertama saat menanti kelahirannya tentu banyak persiapan yang harus dipenuhi mulai dari pakaian sampai pada perlengkapan pendamping seperti sabun mandi, shampoo, minyak telon, tentunya tidak ketinggalan yang terpenting bedak bayi. Bedak bayi biasanya digunakan pada permukaan kulit dan lipatan-lipatan kulit , bedak juga bisa digunakan pada kulit seluruh permukaan tubuh (kecuali wajah) untuk mempercepat penguapan pada proses berkeringat, dan sebagai water repellent, dan sebagai lubrikan untuk mencegah luka akibat penggunaan popok.

Manfaat bedak bayi dalam menjaga kesehatan dan kelembutan kulit si Kecil tentu sudah bunda ketahui Namun, tak sekadar jadi salah satu cara merawat kulit bayi yang masih sensitif, pemakaian bedak khusus bayi dengan benar juga bisa memaksimalkan kecerdasan si Kecil dengan merangsang perkembangan saraf olfaktori di tubuhnya sejak dini. Olfaktori ialah saraf yang terkait langsung dengan indra penciuman. Di samping membantu si Kecil berkenalan dengan lingkungannya, indra penciuman bayi yang terangsang dengan baik juga bermanfaat bagi perkembangan otaknya, Bunda. Sejumlah penelitian menyebutkan, stimulasi yang baik pada indera penciuman memiliki dampak positif pada area pengendali emosi di otak. Inilah alasannya, wewangian tertentu mampu membuat seseorang kembali rileks.  Namun, karena indra penciuman bayi masih sensitif, menstimulasinya cukup dilakukan lewat hal sederhana. Misalnya lewat memakaikan   ke tubuh si Kecil dengan cara yang benar.

Bunda, dalam pemilihan bedak bayi tentunya harus memperhatikan keamanannya , apakah cocok untuk kulit bayi anda. Para ibu baru biasanya memilih produk berdasarkan rekomendasi, padahal sebenarnya juga anda bisa memilih produk dengan melihat bahan-bahan yang terkandung  dalam produk tersebut dan bukan dari segi pertimbangan  harga.

Bayi apalagi yang baru lahir memiliki kulit yang sensitif, pilihan yang tepat dalam penggunaan bedak bayi merupakan cara terbaik untuk menghindari masalah kulit bayi. Meskipun pemilihan bedak bayi didasari oleh faktor selera akan tetapi semakin bertambahnya wawasan yang dimiliki anda dalam mencari pilihan produk terbaik berdasarkan keamaan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya sudah menjadi pertimbangan penting selanjutnya. Masyarakat dalam memilih kosmetik bayi juga mempertimbangkan harga produk, anggapan bahwa harga murah dengan kualitas rendah sepertinya kurang tepat. Bagi bayi adalah keamanan bahan dari produk tersebut, percuma harga mahal jika memberikan iritasi pada kulit bayi anda. Penting untuk anda melakukan uji coba terlebih dahulu. Jika mengalami iritasi, timbul warna kemerahan dan gatal pada bayi sebaiknya hentikan pemakaian.

Sebagai orang tua kita harus lah lebih berhati-hati dalam memilih produk buat si buah hati. Salah satu tips membeli bedak bayi yang baik untuk direkomendasikan yaitu pergunakan bedak yang mencantumkan hypoallergenic seperti produk dari Johnson baby misalnya. Produk ini memiliki kadar alergi yang yang sangat rendah dan terbuat dari talk murni, memiliki 0% kandungan pewarna & pengawet dengan wangi lembut yang menyegarkan, aman dan cocok untuk mencegah iritasi pada bayi yang baru lahir terbukti klinis lembut untuk kulit bayi

Perlu  bunda ketahui ya dalam mempergunakan bedak apapun itu sebaiknya  jauhkan dari hidung maupun mulut bayi karena bila terhirup akan menyebabkan gangguan pernafasan . Hindari pemakaian pada kulit yang luka dan daerah sensitif seperti pusar bayi yang baru lahir.  Hindari kontak dengan mata. Untuk penggunaan luar saja. Harus di ingat juga ya Bunda penggunaan nya di bawah pengawasan orang dewasa.

tags: ,