Gejala Awal Diabetes

Monday, June 6th 2016. | Tips dan Informasi

pada saat sekarang ini yang namanya penyakit sudah banyak macam dan juga penyebabnya. Berbagai macam penyakit yang menimpa kita adalah akibat gaya hidup dan pola makan yang salah, sehingga mengakibatkan berbagai macam penyakit menimpa kita. Sebagai salah satu contoh penyakit yang timbul akibat gaya hidup dan pola makan yang salah adalah penyakit diabetes melitus.

Diabetes melitus adalah penyakit dengan ditandinya kadar gula darah yang tinggi dan biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin dan bahkan dari gabungan keduanya. Tubuh pasien yang menderita diabetes mellitus tidak bisa untuk memproduksi atau tidak bisa merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat dan dapat menyebabkan komplikasi jangka pendek maupun jangka panjang pada penderita diabetes melitus.

diabet

penyakit diabetes mellitus ini memiliki gejala awal yang kadang-kadang tidak kita sadari bahkan kita anggap biasa saja. Padahal dengan kita mengetahui gejala awal dari penyakit tersebut kita bisa mencegah dan melakukan penangan lebih dini agar terhindar atau bahkan sembuh dari penyakit tersebut. Adapun beberapa geja awal dari penyakit diabetes melitus sebagai berikut :

  1. Mati rasa / kebas / kesemutan
    Pada beberapa penderita diabetes melitus mengalami gejala awal berupa mati rasa (kebas) atau kesemutan  yang mereka alami pada bagian tangan, kaki, beserta jari-jemarinya. gejala awal diabetes ini terjadi karena adanya peningkatan kadar gula darah, yang membuat serabut saraf mengalami kerusakan.
  1. Sering buang air kecilPenderita diabetes biasanya mengalami keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering dari keadaan normal. Jika anda mengalami gejala demikian, anda bisa untuk memeriksakan diri agar anda bisa mendapatkan penanganan lebih awal,
  2. Sering Haus dan Banyak Minum yang disebabkan karena banyak cairan yang dikeluarkan, sehingga menyebabkan kita menjadi gampang haus.
  3. Cepat lapar
    Poliphagia adalah kondisi dimana seseorang mengalami rasa lapar. Kurangnya insulin untuk memasukkan gula ke sel membuat otot dan organ melemah dan tubuh kehabisan energi. Otak akan mengira kurang energi itu karena kurang makan sehingga tubuh berusaha meningkatkan asupan makanan dengan mengirimkan sinyal lapar.
  4. Rasa lelah dan lemah yang tidak biasa
    Kekurangan gula akan mengakibatkan kita kekurangan energi. Sehingga Kerja tubuh akan melambat dan malah membakar otot atau lemak selama beraktivitas.
  1. Pandangan kabur
    kadar gula darah yang terlalu tinggi akan mengakibatkan tubuh mengambil cairan dari organ lainnya, bahkan cairan dari dalam lensa mata.

demikian beberapa gejala awal yang mungkin dapat kita deteksi lebih awal dan untuk dapat terhindar dari penyakit tersebut kita harus menjaga asupan dan pola makan yang kita jalani serta jangan lupa agar  terus menggerakkan tubuh atau berolahraga untuk menjaga fungsi dan metabolism tubuh kita tetap optimal dan lebih bugar.

tags: ,