Cara Mengetahui dan Mencegah Gangguan Pencernaan Pada Anak

Thursday, August 18th 2016. | Lifestyle, Tips dan Informasi

pencernaan

Saluran cerna berperan dalam serangkaian proses : yakni proses ingesti makanan, proses digesti makanan yang dibantu oleh getah pencernaan yang dihasilkan oleh kelenjar ludah, hati dan pancreas. Hasil digesti berupa zat gizi akan diserap ( absorpsi ) ke dalam tubuh. Proses ini berlangsung mulai dari mulut sampai ke rectum. Massa yang berupa bolus hasil campuran makanan dan getah pencernaan di dorong / digerakan ke arah anus, sisa dari masa yang tidak diserap akan dikeluarkan dari anus (defekasi) berupa tinja.

Pencernaan pada anak memiliki peran penting yaitu untuk membentuk daya tahan tubuh. Anak yang memiliki pencernaan yang sehat maka akan mempengaruhi pada kesehatan anak. Dengan memiliki kesehatan yang sehat maka tumbuh kembang anak akan optimal. Selain itu anak yang memiliki pencernaan yang sehat akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi yang optimal. Sistem pencernaan sangat mempengaruhi nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, pada sistem pencernaan anak yang sehat maka  akan mampu menyerap gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh anak apabila mengalami gangguan maka kebutuhan nutrisi terhambat apalagi diusia anak 0-5 tahun karena pada usia tersebut sering disebut sebagai golden Age atau masa emas anak ya Bun.

Perlu di ingat ya Bunda pencernaan itu  juga berperan penting dalam kecerdasaan anak, faktor ini dihubungkan dengan penyerapan gizi yang tidak seimbang sehingga dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Terganggunya tumbuh kembang pada anak akan berdampak pada kecerdasan anak. Pengembangan saat ini adalah anak yang cerdas mampu memiliki komunikasi dua arah yang mampu didukung oleh kemampuan otak anda.  Dengan saluran cerna yang sehat maka membuat kerja maksimal dan juga nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak terserap optimal.

Sistem pencernaan pada anak sangat penting karena berhubungan dengan pemberian makanan anak dan gizi yang merupakan dua faktor yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Gangguan  pencernaan pada anak umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, khusus nya pada bayi karena saluran pencernaannya belum matang, sedangkan pada balita kebanyakan faktornya karena disebabkan oleh asupan makanan yang salah. Gangguan pencernaan pada anak ,dapat ditandai dengan berbagai hal seperti dibawah ini:

  1. Sering muntah atau gumoh serta cegukan
  2. Sering buang angin dan berbunyi keras
  3. Rewel dan sering menangis lebih dari 15 menit. Hal ini biasanya terjadi karena anak-anak merasa ada yang tidak nyaman dengan dirinya
  4. Buang air besar lebih dari 3 kali sehari, fesesnya cair, terdapat cairan seperti biji cabe
  5. Jarang buang air besar, feses warna hijau, hitam dan berbau, disertai dengan lendir
  6. Produksi air liur berlebihan
  7. Mulut menjadi lebih sensitif dan berwarna putih seperti jamur, bibir kering dan sebagian berwarna hitam. Bibir kering dengan bagian tengah lidah berwarna berwarna lebih gelap atau biru.

Jika hal ini terus dibiarkan maka akan memicu terjadinya infeksi. Biasanya infeksi pencernaan yang terjadi pada anak  yaitu Gastroenteritis merupakan infeksi yang terjadi pada usus atau perut yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah flu perut, flu lambung, atau virus perut. Infeksi ini menyebabkan terjadinya mual, muntah, diare, kram perut, dan terkadang demam. Infeksi pencernaan pada anak pasti akan membuat para ibu khawatir karena bayi bisa rewel dan tidak mau makan. Mereka terlihat lemas dan malas untuk beraktifitas. Kalau infeksi pencernaan pada anak ini tidak segera ditangani, maka dapat berakibat serius dan sampai menyebabkan kematian lho Bunda. Jadi para Bunda harus benar-benar memperhatikan kesehatan anak-anaknya mulai dari pemberian makanan yang sehat, memperhatikan gizi yang terkandung dalal makanan tersebut serta selalu menjaga kebersihan mengingat pencernaan yang sehat pada anak akan menunjang tumbuh kembang yang optimal pada anak. Sehingga kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi, hal inilah yang akan membantu dalam menjaga kesehatan anak, daya tahan tubuh dan kecerdasan anak.

tags: ,