Beberapa tips untuk persiapan merakit sebuah PC gaming

Wednesday, October 18th 2017. | Lifestyle, Tips dan Informasi

Saat ini banyak sekali game-game yang sudah memiliki grafis yang sangat baik sehingga menuntut para gamer untuk memiliki sebuah komputer atau PC yang mampu untuk menjalankannya dengan baik dan lancer.
Nah sebelum kita merakit sebuah PC gaming alangkah baiknya jika kita mempersiapkan dulu apa saja yang diperlukan.

  1. Budget atau Anggaran Biaya
    Budget adalah hal pertama yang harus kita perhatikan dan jangan sampai salah dalam melakukan perhitungan jumlah berapa total yang akan dikeluarkan, karena jika kita sampai kurang dalam melakukan perhitungan akan berkaibat terkendala atau tertundanya perakitan PC gaming yang kita inginkan.
    Tapi alangkah baiknya jika kita dapat merakit sebuah PC gaming sesuai dengan budget yang sudah kita targetkan, sehingga tidak menjadi beban keuangan yang harus kita keluarkan.
  2. Kualitas PC yang kita inginkan
    Kualitas PC gaming yang kita inginkan agar tentunya berimbas dengan budget yang telah kita rencanakan dan sediakan.
    Jika budget yang kita miliki tidak mencukupi untuk merakit sebuah PC High End atau sebaliknya jika PC gaming yang kita inginkan dapat digunakan juga untuk kegiatan pengolahan grafis lainnya maka disarankan agar untuk merakit PC gaming yang kompatibel agar sewaktu-waktu dapat ditingkatkan lagi kualitas dari hardware-hardware nya.
  3. Spesifikasi PC gaming yang akan kita buat.
    Pada tahap ini kita akan memilih dan menyesuaikan spesifikasi dari PC gaming yang akan kita buat. Ada beberapa spesifikasi minimal yang diperlukan untuk merakit sebuah PC gaming.

    • Prosesor merupakan bagian yang sangat vital dari sebuah Komputer , karena tanpa adanya Prosesor maka sebuah Komputer tidak bakalan dapat bekerja karena Prosesor merupakan pusat kendali dari sebuah Komputer.
      Untuk sebuah Pc gaming kita memerlukan sebuah prosesor yang mumpuni untuk melakukan tugasnya sebagai kendali utama PC kita. Adapaun spesifikasi minimal yang kita butuhkan adalah 4 Core yang dikarenakan sekarang ini banyak game-game PC meminta minimal spesifikasi yang dimiliki prosesor adalah 4 Core.
      Jadi usahakan untuk pemilihan prosesor adalah minimal 4 core dan sesuaikan dengan budget yang kita miliki.
    • Motherboard yang merupakan rumah atau dudukan untuk semua komponen hardware dari PC gaming.
      Dalam hal memilih sebuah motherboard kita harus memilih yang sesuai dengan socket prosesor telah kamu tentukan atau miliki. Jangan sampai jika kita membeli prosesor dengan socket LGA1151, tetapi membeli motherboard dengan socket LGA1150.
      Berikutnya adalah chipset yang ada pada motherboard itu sendiri. jika kita memiliki budget yang terbatas, kita dapat memilih jenis motherboard dengan chipset awalan “H“. sedangkan jika memiliki budget lebih, kita bisa memilih jenis motherboard dengan chipset awalan “B“. Dan untuk yang ingin melakukan overclock pada PC gaming, kita bisa ambil chipset awalan “Z“.
      Sebagai contoh, dengan budget dasar, kita bisa memilih motherboard Gigabyte GA-H110M-DS2. kemudian untuk kelas menengah, kita dapat memilih motherboard Gigabyte GA-B150M-DS3H. sedangkan untuk kelas tertinggi, kita dapat memilih Gigabyte GA-Z170X-Ultra Gaming. Coa perhatikan huruf yang ditebalkan ya, itu merupakan seri dari chipset motherboard.
    • Kartu Grafis
      untuk memilih sebuah kartu grafis, kita bisa membeli sesuai dengan kebutuhan spesifikasi minimal dari game-game ataupun sesuai dengan budget yang kita miliki.
      Kartu grafis berpengaruh penting dalam menjalankan tampilan grafis yang terdapat di dalam game, sehingga usahakan agar memiliki kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan kita.
    • RAM
      Hal yang penting menjadi perhatian kita dalam memilih RAM adalah jenis dari RAM itu sendiri. Pada umumnya sekarang ini jenis yang beredar adalah RAM dengan jenis DDR3 dan yang terbaru DDR4.
      Oleh karena itu dalam memilih RAM maka kita harus menyesuaikan dengan jenis socket RAM yang ada pada motherboard, apakah socket untuk RAM DDR3 atau DDR4.
      Sedangkan untuk kapasitasnya sendiri adalah minimal 8GB, meskipun tidak sedikir game-game yang bagus hanya memerlukan spesifikasi minimalnya hanya 2GB tetapi pada PC yang kita miliki juga terbebani oleh OS yang kita gunakan. Sehingga kita dapat menghilangkan atau meminimalkan adanya lag ataupun masalah ketika memainkan game.
    • Power Supply yang merupakan bagian penting dalam sebuah PC, karena tanpa adanya power supply maka sebuah PC tidak akan bisa di operasikan karena tidak memiliki daya untuk menghidupkan atau menjalankannya.
      Untuk PC gaming kita jangan sekekali membeli Power Supply abal-abal ataupun yang biasa karena jika kita salah membeli dapat berakibat tidak dapat bekerjanya ataupun mengakibatkan kerusakan pada beberapa hardware.
      Untuk sebuah PC gaming alangkah baiknya jika kita membeli power supply yang memiliki sertifikasi 80+ bronze. Sebagai salah satu referensi kita bisa memilih Seasonic atau Super Flower dan sekelasnya.
    • Hardisk
      Merupakan media penyimpanan yang akan menampung file-file dari game dan yang lainnya. Untuk hardisk disarankan untuk memilih yang memiliki kapasitas 1 TB atau lebih, karena game-game sekarang memiliki file-file yang besar dan karena selisih harga dari 500 GB dan 1 TB tidaklah terpaut jauh.
    • Casing dapat kita sesuaikan dengan selera masing-masing, tetapi disarankan agar casing usahakan agar memiliki kapasitas atau besar yang sesuai dengan motherboard yang kita beli dan memiliki fitur manajemen kabel sehingga memudahkan kita dalam pengaturan kabel.

Demikian beberapa Tips yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat

tags: ,