Apa Saja yang Termasuk Hardware Komputer?

Wednesday, October 19th 2016. | Lifestyle, Tips dan Informasi

Untuk sekarang ini, memiliki komputer atau laptop adalah hal wajib yang dimiliki hampir semua orang. Karena berkembangnya jaman yang menuntut agar semua hal bisa dikerjakan dengan sarana teknologi, kehadiran komputer dan laptop menjadi hal yang lazim bagi semua orang. Sebelum kita memutuskan untuk membeli laptop atau perangkat komputer, kita harus memperhatikan beberapa hal penting agar tidak salah membeli. Salah satunya adalah hardware komputer.

komputer

Secara keseluruhan perangkat komputer itu dibagi menjadi tiga, yaitu perangkat keras, perangkat lunak dan brainware. Pengertian hardware itu sendiri adalah perangkat keras yang ada dalam komputer. Maksudnya adalah bentuk dari perangkat ini dapat dilihat secara kasat mata dan dapat disentuh. Perangkat ini sendiri memiliki banyak macam. Untuk mengetahuinya, berikut ada penjelasannya.

Perangkat keras dibagi ke dalam 4 kategori, yaitu:

  1. Input Device atau bisa juga disebut Perangkat Masukan. Perangkat ini berfungsi untuk memasukkan data atau instruksi dari luar ke dalam CPU (Central Processing Unit) komputer. CPU sendiri adalah memori atau processor (pemroses) yang berfungsi untuk mengolah data yang dimasukkan guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Yang termasuk Input Device adalah mouse, keyboard, , joystick, touchpad, scanner dan lain sebagainya.
  1. Process Device atau Perangkat Pemrosesan. Unit ini berfungsi untuk mengolah data yang sudah dimasukkan melalui Input Device. Cara kerja komputer tidak ditentukan oleh satu alat, namun perpaduan antara semua komponen yang ada. Yang termasuk perangkat ini adalah:
  • Processor yang berfungsi mengolah data secara digital. Alat ini juga sering disebut dengan otaknya komputer.
  • Power Supply mempunyai fungsi sebagai penyalur arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer
  • Motherboard merupakan alat penghubung seluruh komponen yang menyusun sebuah komputer. Yang artinya, tugas alat ini adalah mengatur data maupun informasi dan menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras yang diproses di komputer.
  • RAM atau Random Access Memorymempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.
  • Kartu VGA atau disebut juga kartu grafis, berfungsi sebagai pengubah atau penerjemah sinyal digital dari komputer ke monitor agar dapat menghasilkan dan menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.

  1. Output Device atau Perangkat Keluaran, yaitu hardware komputer yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang telah diolah oleh komputer pada pengguna melalui alat output. Berikut adalah beberapa alat output yang sering digunakan dalam sistem komputer.
  • Monitor berfungsi untuk menampilkan perintah atau hasil pengolahan data dalam bentuk teks dan grafis.
  • Printer fungsinya adalah mencetak data atau informasi yang dihasilkan oleh komputer pada kertas.
  • Speaker adalah alat perangkat keluaran yang berfungsi untuk menghasilkan suara dari pengolahan audio yang terjadi dalam komputer.

  1. Dalam proses pengolahan data, komputer membutuhkan perangkat lain untuk menyimpan data yang dibuat. Ini yang disebut dengan Storage Device atau Perangkat Penyimpanan. Yang termasuk ke dalam perangkat ini adalah hard disk, CD/DVD-ROM, USB Flashdisk, disket dan Optical Disk.
  1. Yang terakhir adalah perangkat Periferal, yaitu perangkat yang terhubung ke komputer. Perangkat ini ada dua jenisnya, yaitu periferal utama dan pendukung. Periferal utama adalah perangkat yang harus ada jika kita mengoperasikannya sehingga tidak bisa dipisahkan dengan komputer utama. Contohnya adalah keyboard, mouse dan monitor Sedangkan periferal pendukung adalah perangkat yang tidak harus ada pada pengoperasian komputer. Seperti contohnya modem, penghubung, scanner, TV Turner dan lain sebagainya.

Semoga artikel tentang hardware komputer ini bermanfaat.

tags: ,